Beyond Skyline : Iko Uwais Versus Alien
MEDIUS • Film • Resensi
Beyond Skyline : Iko Uwais Versus Alien
Sally Effendi • Senin, 09 Oktober 2017 20:02 WIB
Secara kuantitas, jumlah aktor laga terhitumg minim, jika dikaitkan dengan kemampuan dan penguasaan si aktor terhadap ilmu bela dirinya. Dari yang minim itu, Iko Uwais salah satu aktor laga yang representatif dalam menguasai bela diri silat, seolah mengngatkan kita terhadap sosok para aktor laga legendaris lainnya yang menguasai salah satu ilmu bela dirinya; Advent Bangun, George Rudy, Barry Prima, dan Willy Dozen.
 
Sebagai aktor laga terbilang muda, karir Iko di dunia layar lebar makin berpendar bintangnya. Menyimak filmografinya, tentunya ada kekaguman tatkala ia beraksi dalam  sejumlah filmnya, antara lain, Merantau (2009),  The Raid (2011), Man of Tai Chi (2013), The Raid 2: Berandal (2014), Stra Wars: The Force Awakens (2015), dan Headshot (2016). Bahkan, infonya, ada beberapa lainnya  yang masih dalam taraf proses produksi dan siap akan edar, pun mengundang decak kagum. Melalui film terbarunya berjudul Beyond Skyline, Iko melawan mahkluk alien. Sederet aktor dan aktris lainnya yang beraksi adalah Frank Grillo, Yayan Ruhian, Bojana Novakovic, Callan Mulvey, dan Valentine Payen.
 
Pada kesempatan jumpa pers, kamis, 5 Oktober 2017, di Plaza Indonesia, Iko menyatakan, dalam film Beyond Skyline ini, tantangannya adalah harus berkelahi melawan alien. Untuk bisa berkelahi, jadi ada kaki tambahannya supaya lebih tinggi dari alien.”
 
Dalam film Beyond Skyline, selain sebagai pemeran utama, Iko pun bertanggung jawab sebagai figting director atau fight coreographer. Di sini Iko diberi kebebasan dalam mengekspresikan berbagai adegan kelahinya terhadap semua pemain. Nampaknya sutradara sekaligus penulis skenario, Liam O’Donnel, sepenuhnya mempercayakan urusan adu jotos ini kepada Iko Uwais. Meski begitu, Iko mengaku, lebih menyukai sebagai aktor yang melakukan adegan kelahi. Soal honor? Entahlah.
 
Lepas dari itu, film  bergenre action-science fiction-adventure ini, rencana akan beredar di bioskop pada akhir Oktober 2017. Dalam film ini, penonton akan menyaksikan pemandangan di sekitar candi Prambanan, meski kisahnya berlatar belakang di negara Laos.
 
* Foto oleh Ius Artanto


(Sally Effendi/IM)
MUSTPEAK