American Made : Kisah Si Kurir Nekat
MEDIUS • Film • Resensi
American Made : Kisah Si Kurir Nekat
Ius Artanto • Senin, 04 September 2017 23:15 WIB
Lewat film terbarunya, American Made, Tom Cruise kembali beraksi. Film yang didasarkan  kisah nyata ini, berkisah tentang perjalanan hidup Barry Seal yang sarat leliku berbahaya. Inilah film yang menarasikan dan menguak praktik agen rahasia Amerika, jaringan narkoba di Amerika Tengah, serta kisah petualangan seorang pilot yang merangkap sebagai kurir narkoba yang nekat. 
 
Film berdurasi 115 menit bergenre biopic ini, memiliki narasi kronologis yang runut. Ini bisa dipahami, mengingat sebelum ajal kematiannya, Barry Seal telah merekam perjalanan hidupnya dalam beberapa video. Dari rekaman video tersebut, penggarapant film American Made mengacu.
 
Diawali  pada  akhir 1970-an, ketika Barry Seal (Tom Cruise) masih menjadi pilot Maskapai Penerbangan TWA (Trans World Airlines). Suatu ketika, ia tetiba ditawari oleh agen CIA bernama Monty Schafer (Domhnall Gleeson) untuk menjalankan suatu misi rahasia. Barry ditugaskan memotret di zona perang yang berkecamuk, serta memantau segala aktivitas kartel di Amerika Tengah dari pesawat terbangnya. Bagi Barry ini memang bukanlah tugas yang ringan. Malah  sangat berisiko. Meski demikian, Barry menyanggupinya. Akhirnya, perjalanan hidup Barry yang sarat bahaya pun dimulai. Ia pun resign dari TWA.
 
Film bergulir yang terbagi dalam beberapa segmen melalui peristiwa tahun-tahunnya. Peristiwa terjadi dalam rentang tahun 1980 hingga 1986, kehidupan Barry berubah sampai akhir hayat. Selain sebagai pilot untuk CIA, Barry juga menerima tawaran Jorge Ochoa rekan Pablo Escobar - salah satu pentolan Medelin Cartel – untuk menjadi kurir narkoba. Meski penuh risiko, Barry menyanggupi tugas berat tersebut. Sebab, baginya, bayarannya cukup tinggi.
 
Sejalan dengan tugasnya sebagai kurir yang sukses, tingkat ekonominya pun berubah.  Uangnya berlimpah dan tersimpan di sejumlah bank di kotanya. Bukan cuma itu. Bahkan, saking kayanya, uangnya dipendam di sekitar halaman rumah dan di dalam kandang kudanya. Ampun deh
Meski Barry sangat kaya dan waktu luang untuk keluarga sangat minim, namun ia adalah suami yang setia dan sangat mencintai keluarganya. Ia begitu gencar mencari uang sehingga uang terus mengalir ke koceknya. Padahal, tugas Barry  hanya mengantar narkoba milik Jorge dan  Escobar; dari Colombia ke Amerika Serikat dengan pesawat. Atau wilayah-wilayah lainnya yang membutuhkan pasokan narkoba. Itu saja.
 
Namun, justru hal ini yang memicu reaksi Presiden Ronald Reagan untuk menyatakan perang terhadap narkoba. Tanpa bisa berkelit, Barry akhirnya tertangkap oleh sejumlah aparat penegak hukum (polisi, DEA, FBI). Namun, Barry dibebaskan. Pembebasan Barry ternyata bersyarat, yaitu, ia harus menjalankan tugas negara. Barry berkewajiban melakukan pengintaian dan pemotretan bagi praktik narkoba yang dilakukan Escobar. Sesuatu yang dilematis bagi Barry. Demi Negara atau berkhianat kepada Jorge dan Escobar.
 
Mencoba membuka filmografi Tom Cruise, bukan hal baru baginya memerankan tokoh nyata seperti Barry Seal. Sebelumnya dalam Born on the Fourth of July (1989), ia pernah melakonkan seorang veteran perang Vietnam dan aktivis penyandang disabilitas bernama, Ronald Lawrence “Ron” Kovic. Lalu lewat film Valkyrie (2008), Cruise dipercaya memerankan Claus von Stauffenberg, perwira tentara yang merencanakan pemberontakan dan pembunuhan terhadap Adolf Hitler pada 20 Juli 1944. Sedang untuk film American Made, Cruise harus tampil energik, ambisius, dan terlihat muda dari usia sebenarnya. Dalam hal ini, Cruise cukup mampu menghidupkan tokoh Barry Seal ke layar lebar.
 
American Made yang disutradarai Doug Liman dan skenario ditulis Gary Spinelli ini, tak melulu sarat dengan ketegangan dan konflik rumah tangga. Namun  juga menyodorkan sentuhan komedi, bahkan juga kehidupan yang tragis. Beranjak dari titik ini, penonton diberi kebebasan untuk menilai, melihat, mencermati, serta merenungkan tentang kisah kehidupan Barry Seal. Apa yang bisa dipetik?


(Ius Artanto/IM)
MUSTPEAK