War for the Planet of the Apes: Perang dari Para Kera
MEDIUS • Film • Resensi
War for the Planet of the Apes: Perang dari Para Kera
Ius Artanto • Selasa, 01 Agustus 2017 17:16 WIB
Tak perlu kernyit dahi, jika ada kera berbicara bahasa manusia. Apalagi harus mengaitkan dengan teori evolusi Charles Darwin.  Toh faktanya dalam sejumlah penelitian dan literatur, spesies kera  (gorila, orang utan, simpanse, dan lainnya) termasuk hewan cerdas.  Setidaknya, narasi visual  film War  for The Planet of The Apes - bagian akhir trilogi petualangan koloni kera – mengungkap tentang kecerdasan para kera tatkala menghadapi invasi manusia.
 
Sutradara Matt Revees dan penulis skenario Mark Bomback, Rick Jaffa, Amanda Silver nampaknya berupaya keras melanggengkan kesuksessan trilogi The Planet of the Apes, yang didasarkan novel karya Pierre Boulle.  Karakter tokoh protagonis dan antogonis, serta efek visual yang ditampilkan sejauh ini dianggap berhasil.
 
Dalam episode ketiga ini, War For The Planet of The Apes akan melanjutkan kisah – dua film sebelumnya Rise of the Planet of the Apes (2011) dan Dawn of the Planet of the Apes (2014) - dari kiprah seekor kera bernama Ceaser (Andy Serkis),  sang pemimpin koloni kera. Caesar adalah kera yang sudah berevolusi, sehingga memungkinkan untuk bisa saling berkomunikasi dengan manusia. Saat ini, Caesar bersama kawanannya hidup tenang di salah satu sudut San Fransisco. Namun, kehidupannya yang selama ini dianggap aman dan damai, tetiba mendapat serangan dari pasukan tentara.
 
Tanpa mengurangi kemandirian narasi War For The Planet of The Apes, di sini sengaja sekilas menyinggung episode terdahulu. Pada kisah sebelumnya, para kera ditangkap dan dikarantina. Mereka mendapat perlakuan yang kasar dan kejam dari manusia. Namun, para kera akhirnya berhasil lolos dan mencari kebebasan bagi kehidupannya. Namun, di tengah situasi yang tidak menentu, muncul Koba (Toby Kebbell), salah satu kera yang berambisi dan merebut kekuasaan Caesar. Koba selalu mengobarkan perang terhadap manusia. Dalam Dawn of the Planet of the Apes, kata-kata Koba yang sangat terkenal adalah, Apes together strong.
Dalam episode Dawn of the Planet of the Apes, Malcom (Jason Clarke) membujuk Caesar agar hijrah bersama keluarganya,  agar selamat dari serbuan dan penyerangan pasukan tentara. Waktu bergulir, akhirnya Caesar dan komunitasnya mendapat tempat di bukit bergua, yang berair terjun. Namun, ketenangannya terusik saat pasukan tentara yang dipimpin kolonel (Woody Harrelson) menyerang tempatnya. Selanjutnya, istri, anak, kerabat, serta teman-teman Caesar ditawan di sebuah kamp penampungan untuk dipekerjakan pada sebuah proyek. Dalam kemelut ini, yang pada akhirnya memicu perang besar.


(Ius Artanto/IM)
MUSTPEAK